Selasa, 12 April 2011

RPP IPA Terpadu "Letusan Gunung Berapi"

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN : IPA TERPADU
TEMA : LETUSAN GUNUNG BERAPI
KELAS : VIII
ALOKASI WAKTU : ....

Standar Kompetensi:
1.Memahami prosedur ilimiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan
4. Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia
4. Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan
7. Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem
Kompetensi Dasar
1.3. Melakukan pengukuran dasar secara teliti denagn menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering gdigunakan dalam kehidupan sehari-hari. (kelas VII/ semester 1)
4.4 Mengidentifikasi terjadinya reaksi kimia melalui percobaan sederhana (kelas VII/ semester 1)
4.3 Mendeskripsikan bahan kimia alami dan bahan kimia buatan dalam kemasan yang terdapat dalam bahan makanan (kelas VIII/ semester 1)
7.1 Menentukan ekosistem dan salinh hubungan antara komponen ekosistem (kelas VII/ semester 2)



Indikator:
Kognitif
Produk
1. Menjelaskan penggunaaan alat ukur sesuai dengan yang diukur
2. Menjelaskan reaksi antara asam asetat dengan soda kue sesuai teori netralisasi
3. Mengidentifikasi perubahan kimia yang terjadi dalam reaksi pencampuran asam asetat dengan soda kue
4. Mengidentifikasi komponen ekosistem abiotik dan biotik dalam maket letusan gunung berapi
5. Menjelaskan hubungan antara komponen ekosistem biotik dan abiotik.



Proses
1. Mengkalibrasi neraca ohaus tepat angka nol (seimbang)
2. Mengukur massa soda kue dengan neraca ohaus
3. Mengukur volume asam asetat denagn gelas ukur
4. Menuliskan reaksi kimia antara asam asetat dengan soda kue sesuai dengan kaidah asam-basa
5. Mengidentifikasi perubahan kimia dari asama setat dan soda kue yang terjadi sesuai hasil reaksi
6. Mengidentifikasi hubungan komponen ekosistem yang ada disekitar gunung berapi

Psikomotor
1. Membaca massa soda kue yang tertera pada neraca ohaus
2. Membaca volume asam asetat yang tertera pada gelas ukur
3. Mencampurkan larutan asam asetat dengan soda kue sesuai perbandinagn massanya.
4. Mengaduk campuran tersebut mengunakan spatula sampai rata dan bereaksi
5. Menghubungkan komponen ekosistem biotik dan abiotik yang berada disekitar gunung berapi

Afektif
1. Karakter:
• Jujur dalam mengukur massa dan volume asam asetat dan soda kue dan mereaksikan larutan asam asetat dengan soda kue sesuai takaran yang ditentukan
• Teliti dalam mengkalibrasi neraca ohaus, mengamati perubahan kimia yang terjadi dan menghubungkan komponen biotik dan abiotik dalam menjaga keseimbangan ekosistem.
• Bertanggung jawab dengan hasil yang diukur, hasil pencampuran yang dilakukannya dan bertanggung jawab dalam menghubungkan komponen biotik dan abiotik dalam menjaga keseimbangan ekosistem
2. Keterampilan Sosial: menyampaikan pendapat hasil pengukurannya serta menanggapi hasil pengukuran siswa lain.



I. Tujuan Pembelajaran:
Produk
1. Diberikan neraca ohaus dan gelas ukur siswa dapat membaca massa dan volume sesuai dengan kaidah pengukuran.
2. Diberikan praktikum reaksi kimia antara larutan asam asetat dan soda kue siswa dapat mendeskripsikan perubahan kimia sesuai hasil praktikum.
3. Diberikan tugas membuat maket letusan gunung berapi siswa dapat mendeskripsikan hubungan komponen biotik dan abiotik sesuai hasil karya yang dibuat.

Proses
1. Diberikan neraca ohaus dan gelas ukur siswa dapat mengukur massa dan volume sesuai petujuk kegiatan..
2. Diberikan tugas menuliskan reaksi kimia asam asetat dan soda kue siswa dapat mereaksikan kedua larutan tersebut sesuai kaidah penulisan persamaan reaksi
3. Diberikan tugas membuat maket siswa dapat menghubungkan komponen biotik dan abiotik dalam maket tersebut.

Psikomotor
1. Diberikan neraca ohaus dan gelas ukur siswa dapat membaca angka yang tertera pada alat ukur dengan tepat.
2. Diberikan tugas mereaksikan larutan asam asetat dengan soda kue siswa dapat mencampurkan kedua larutan tersebut sesuai petunjuk kegiatan.
3. Diberikan contoh maket gunung berapi siswa dapat menghubungkan komponen biotik dan abiotik sesuai teori keseimbangan ekosistem.

Afektif
1. Karakter
• Jujur dalam mengukur massa dan volume asam asetat dan soda kue dan mereaksikan larutan asam asetat dengan soda kue sesuai takaran yang ditentukan
• Teliti dalam mengkalibrasi neraca ohaus, mengamati perubahan kimia yang terjadi dan menghubungkan komponen biotik dan abiotik dalam menjaga keseimbangan ekosistem.
• Bertanggung jawab dengan hasil yang diukur, hasil pencampuran yang dilakukannya dan bertanggung jawab dalam menghubungkan komponen biotik dan abiotik dalam menjaga keseimbangan ekosistem
2. Keterampilan Sosial: menyampaikan pendapat hasil pengukurannya serta menanggapi hasil pengukuran siswa lain.

II. Metode Pembelajaran:
1. Model : Direct Instruction
2. Model IPA Terpadu : Connected
3. Metode : Ceramah, Praktikum

III. Langkah Pembelajaran:
a. Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
Fase 1: Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
* Guru memotivasi siswa dengan mengajukan suatu fenomena, Apa kalian pernah melihat gunung berapi meletus? Material apa saja yang dikeluarkan dalam perut gunung berapi ? Bagaiaman kondisi ekosistem sekitar gunung berapi setelah meletus? Hal ini membuat siswa berkonsentrasi apa yang dibicarakan guru.
* Guru menyampaikan tujuan pembelajaran kognitif, psikomotor dan afektif, “Hari ini kita akan belajar mengenai letusan gunung berapi.

b. Kegiatan Inti (50 menit)
Fase 2: Mendeskripsikan pengetahuan/ keterampilan
* Guru memberikan informasi tentang bagian-bagian alat ukur dan cara pengukurannya.
* Guru memberikan informasi reaksi kimia antara larutan asam asetat (CH3COOH) dan baking soda (Na2CO3) dengan mendemonstrasikan di depan kelas
* Guru memberikan informasi mengenai komponen ekosistem
Fase 3: Membimbing pelatihan
* Guru membimbing siswa dalam membuat maket gunung beserta komponen ekosistemnya..
* Siswa mereaksikan asam asetat dengan baking soda di dalam kawah gunung sebagai magma.
* Siswa mengamati hasil dari reaksi asam asetat dengan baking soda yang digambarkan berupa cairan yang keluar dari perut gunung (lava).
* Siswa mengidentifikasi komponen ekosistem dalam maket yang mereka buat masing-masing .
Fase 4 : Memberikan umpan balik siswa
* Guru mengecek hasil maket siswa berhasil atau tidak.

C Kegiatan Akhir (25 menit)
Fase 5 : Memberikan kesempatan untuk latihan
* Guru mempersiapkan kesempatan untuk melakukan diskusi kelas terhadap hasil maket masing-masing siswa.
* Guru memberikan kesempatan pada siswa umtuk menyimpulkan hasil diskusi.
* Guru memberikan kuis secara individual.

IV. Alat/Bahan/Sumber Belajar.
a) Buku Siswa
b) LKS

IV. Penilaian
a. Teknik penilaian :
- Tes tertulis
- Tes unjuk kerja
b. Bentuk instrumen
- Tes uraian
c. Contoh instrumen

1. Menjelaskan hubungan komponen biotik dan abiotik dalam menjaga keseimbangan ekosistem?
2. Menjelaskan reaksi kimia yang terjadi dari pencampuran asam asetat dengan soda kue?

0 komentar:

Posting Komentar