Rabu, 27 April 2011

Pembelajaran Terpadu

Guru merupakan fasilitator pendidikan yang bertugas untuk menyampaikan ilmu kepada anak didiknya. Akan tetapi apabila dalam penyampaian materi guru hanya mnggunakan metode ceramah, maka siswa akan cepat merasa bosan. Oleh sebab itu guru dituntut untuk dapat menciptakan pembelajaran yang efektif, inofatif, dan menyenangkan. Guru dapat menggunakan metode-metode pembelajaran yang sudah marak, seperti model pembelajaran Jigsaw, CTL, SAVI, STAD, dll. 
Selain metode pembelajaran yang tadi sudah disebutkan, ada juga metode pembelajaran terpadu. Pembelajaran terpadu adalah proses pembelajaran yang menggabungkan beberapa mata pelajaran agar terkesan tidak kaku dan terkotak-kotak dan biasanya menggunakan lingkungan sekitar untuk mendukung pembelajaran ini, karena anak akan lebih gampang menangkap suatu pembelajaran apabila menggunakan benda-benda konkret. Untuk anak SD, pembelajaran yang seperti ini sangat disarankan, terutama untuk siswa kelas rendah. Mereka akan bisa lebih mengeksplorasi kemampuan mereka dalam berpikir. Mereka dapat mengembangkan pengetahuan mereka tidak hanya melalui apa yang mereka dengar, tetapi dengan apa yang mereka lihat, rasakan, dan lakukan tetapi masih dalam batasan tema yang sudah guru berikan sebelumnya. Pembelajaran terpadu menekankan pada keaktifan siswa dalam pembelajaran, yang akhirnya diharapkan dapat berdampak pada hasil pembelajaran yang optimal.
Pelaksanaan pembelajaran terpadu tidak harus setiap hari, pembelajaran terpadu dapat dilaksanakan menyesuaikan materi yang kiranya dapat di laksanakan menggunakan pembelajaran terpadu. Atau bisa juga dilaksanakan tiap minggu, yaitu pada hari sabtu dimana kita dapat memanfaatkan waktu selagi guru menghadiri KKG.
Pembalajaran terpadu dikembangkan selain untuk mencapai tujuan pembalajaran yang telah ditetapkan, diharapkan siswa juga dapat :
  1. Meningkatkan pemahaman konsep yang dipelajarinya secara lebih bermakna,
  2. Mengembangkan keterampilan menemukan, mengolah, dan memanfaatkan informasi,
  3. Menumbuhkembangkan sikap positif, kebiasaan baik, dan nilai-nilai luhur yang diperlukan dalam kehidupan.
  4. Menumbuhkembangkan keterampilan social seperti kerja sama, toleransi, komunikasi, serta menghargai pendapat orang lain.
  5. Meningkatkan minat dalam belajar,
  6. Memilih kegiatan yang sesuai dengan minat dan kebutuhannya.
Ada beberapa manfaat dalam menggunakan pembelajara terpadu, yaitu :
  1. Banyak topik yang tertuang di setiap matapelajaran mempunyai keterkaiatan konsep dengan yang dipelajari siswa.
  2. Pada pembelajaran terpadu memungkinkan siswa memanfaatkan keterampilannya yang dikembangkan dari mempelajari keterkaitan antarmatapelajaran.
  3. Pembelajaran terpadu melatih siswa untuk semakin banyak membuat hubungan inter dan antarmatapelajaran, sehingga siswa mampu memproses informasi dengan cara yang sesuai daya pikirnya dan memungkinkan berkembangnya jaringan konsep-konsep.
  4. Pembalajaran terpadu membantu siswa dapat memecahkan masalah dan berpikir kritis untuk dapat dikembangkan melalui keterampilan dalam situasi nyata.
  5. Daya ingat (retensi) terhadap materi yang dipelajari siswa dapat ditingkatkan dengan jalan memberikan topic-topik dalam berbagai ragam situasi dan berbagai ragam kondisi.
  6. Dalam pembelajaran terpadu transfer pembelajaran dapat mudah terjadi bila situasi pembelajaran dekat dengan situasi kehidupan nyata.
Pembelajaran Terpadu mempunyai beberapa kelebihan antara lain :
  1. Materi pelajaran menjadi lebih dekat dengan kehidupan anak sehingga anak dengan mudah memahami sekaligus melakukannya
  2. Mengakomodir jenis kecerdasan siswa
  3. Dapat menumbuh kembangkan ketrampilan berpikir siswa
  4. Meningkatkan interaksi sosial anak
Selain mempunyai kelebihan, pembelajaran terpadu juga mempunyai kekurangan, yaitu :
  1. Guru harus memiliki wawasan yang luas dan keterampilan yang tinggi
  2. Siswa dituntut untuk menemukan dan menggali suatu permasalahan, apabila anak tersebut tidak pandai menguraikan pikirannya maka pembelajaran terpadu sulit dilaksanakan
  3. Membutuhkan cara penilaian yang menyeluruh sehingga guru dituntut untuk menyediakan eknik dan prosedur pelaksanaan penilaian dan pengukuran.

2 komentar:

aiszta jeLekk... mengatakan...

Artikel anda mengenai "Pembelajaran Terpadu" sangat bagus dan banyak memberikan informasi...Dimana pembelajaran terpadu merupakan suatu aplikasi salah satu startegi pembelajaran berdasarkan pendekatan kurikulum terpadu yang bertujuan untuk menciptakan atau membuat proses pembelajaran secara relevan dan bermakna bagi anak.

Melanza_Madunten mengatakan...

saya setuju dengan pendapat anda.Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan.

Posting Komentar